Menjaga Cat Bodi Mobil Tetap Mengkilat

By | September 18, 2013

 

cara mudah menjaga warna cat mobil tetap mengkilat

merawat warna cat mobil tetap awet

Menebak usia sebuah mobil dari warna catnya dapat dilakukan, walaupun tidak begitu akurat, tetapi kita dapat menebak usia sebuah mobil yang warna catnya sudah pudar adalah mobil tua. Proses pemudaran warna cat dan penurunan kualitas warna cat mobil merupakan suatu hal yang alami. Beberapa penyebabnya antara lain sinar Ultra Violet (UV) dan bahan kimia.

Penyebab Rusaknya Cat Bodi Mobil

1. Bahan Kimia
Penyebab yang satu ini sering tidak disadari oleh pengguna kendaraan karena memang minimnya informasi. Bahan kimia dapat merusak warna cat mobil biasanya karena menyentuh body (badan) kendaraan kita dalam wujud yang sudah tidak asing lagi. seperti polutan udara, kotoran burung, serangga, pemoles mobil, garam, dan lain-lain.

2. Polutan Udara
Seperti yang telah Anda ketahui bahwa udara banyak mengandung zat kimia dalam wujud gas. Khususnya dilingkungan yang tinggi polusi udara seperti di beberapa kota besar seperti Jakarta ini, kandungan asam nitrat (HNO3) terbilang tinggi. Asam nitrat ini bersifat merusak cat mobil anda baik dalam wujud gas maupun cair (saat terbawa hujan).

3. Kotoran Burung
Kotoran burung yang menempel di body mobil sebenarnya mudah untuk dibersihkan jika masih basah, tetapi kita sering kali meremehkan atau memang tidak sempat untuk segera membersihkannya. Yang sulit untuk dibersihkan kalau kotoran tersebut sudah mengering, hati-hati bila membersihkan kotoran burung yang sudah mengering dan menjadi keras, bila tidak ingin menggores cat mobil Anda saat membersihkannya.

4. Pemoles Mobil
Meskipun bertujuan untuk mencerahkan warna cat mobil, tetapi Anda harus berhati-hati dalam memanfaatkan pemoles mobil karena cara kerja dari pemoles mobil yang banyak beredar dipasaran dengan mengikis lapisan cat dengan menggunakan bahan-bahan abrasive. Bahan-bahan tersebut dapat menyebabkan usia cat mobil berkurang. Oleh sebab itu sebisa mungkin hindari penggunaan pemoles mobil (car polish).

5. Garam
Kandungan garam yang cukup tinggi pada air akan membahayakan, karena garam akan mempercepat proses korosi

Berikut Tips untuk Perawatan Bodi mobil :

4 Langkah mudah Jaga Warna Bodi Mobil Tetap Kinclong

1. Untuk menghindari terkena sinar UV terlalu banyak, agar sebisa mungkin parkir kendaraan Anda di tempat yang teduh dan terhalang dari sinar matahari langsung, bila memang akan meninggalkan mobil dalam waktu yang lama di tempat yang terkena sinar matahari langsung, ada baiknya Anda menutupi mobil Anda dengan panutup mobil (car cover).

2. Cuci mobil secara teratur.

3. Ada baiknya mencuci mobil minimal 2 minggu sekali untuk menghindari penumpukan polutan dan bahan kimia yang dapat merusak warna cat mobil Anda. Dan gunakan sabun khusus untuk mencuci mobil dengan pH ballance, dan jangan mencuci mobil dengan sabun pencuci piring karena akan mengikis lapisan (coating) cat mobil Anda.

4. Beri lapisan Wax. Penggunaan wax sangat baik karena akan melindungi lapisan cat mobil dari sinar UV dan polutan lainnya. Lakukan waxing secara teratur sekitar 2-3 bulan sekali untuk membarikan perlindungan extra

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *