Lintas Berita TerbaruThursday, 30 Oct 2014
Find Us on : RSS/Feed Facebook Twitter

You Are Here: Home » Teknologi » Hacker Ungkap Kasus Dugaan Korupsi Universitas

Hacker Ungkap Kasus Dugaan Korupsi Universitas

- 16 January 2013, 10:01

ISTANBUL - Hacker di Turki berhasil mengungkap dokumen rahasia yang diklaim berkaitan dengan kasus korupsi di pendidikan tinggi. Kelompok hacker bernama RedHack itu mengungkap 60 ribu dokumen di situs milik pemerintah, Lembaga Pendidikan Tinggi Turki (YOK).

Menurut laporan Hurriyet Daily News, dokumen tersebut merupakan hasil penyelidikan korupsi dan kasus yang melingkupi perguruan tinggi di Turki. Bulan lalu, saat terjadi bentrokan antara mahasiswa dan aparat kepolisian di Universitas Middle East Technical, RedHack juga mengambil alih situs YOK. RedHack dikenal sebagai hacker yang menyasar situs milik pemerintah dan kepolisian.

Dokumen yang diungkap ke publik ini terdiri dari informasi rekening bank, keluhan dari parlemen, korespondensi antara YOK dan beberapa universitas, serta laporan akhir penyelidikan korupsi. Selain itu, hacker anti pemerintah ini juga merilis dokumen berseri mengenai skema keuangan, informasi mahasiswa yang salah urus dan kerjasama pribadi dengan bank dalam pertukaran finansial dan material.

Kabel yang paling mencolok menunjukkan transaksi pribadi antara rektor Universitas Firat dan Bank Vak?flar yang terjadi pada 2009. Bank Vakiflar, yang menjadi rekanan Universitas Firat untuk pembayaran SPP mahasiswa, sepakat untuk membayar secara penuh mobil Audi yang diberikan untuk rektor. Pembayaran termasuk untuk biaya asuransi. Bank Vak?flar beralasan promosi tersebut merupakan hak rektor.

Hacker Ungkap Kasus Dugaan Korupsi Universitas

Hacker Ungkap Kasus Dugaan Korupsi Universitas

Selain itu, informasi yang diposting RedHack juga menunjukkan kesalahan penanganan pembangunan laboratorium yang dilakukan Universitas Giresun. Penyelidikan menyimpulkan para pejabat universitas tidak dihukum, hanya menghukum perusahaan swasta dan pejabat negara karena secara bersamaan melakukan perjalanan ke luar negeri untuk pelatihan gadget baru.

Dokumen ini menunjukkan bahwa penyelidikan YOK tidak mencapai hasil yang konklusif. Namun YOK merekomendasikan penyelidikan lebih lanjut kepada pegawai rektorat.

Insiden lainnya yang dibocorkan adalah keluhan dari parlemen kepada pemerintah mengenai kasus korupsi di universitas nasional serta investigasi ke beberapa korupsi nasional.

Sumber:okezone

Hacker Ungkap Kasus Dugaan Korupsi Universitas
Written by: Admin Abanoz
Rating: 4.8

Most visitors also read :