Lintas Berita TerbaruMonday, 20 Oct 2014
Find Us on : RSS/Feed Facebook Twitter

You Are Here: Home » Berita Terkini, Info Pendidikan » Fakta Unik Tentang Harimau

Fakta Unik Tentang Harimau

- 5 January 2013, 02:01

Fakta Dasar Harimau

Harimau adalah anggota terbesar dari keluarga kucing (Felidae). Para anggota kucing besar lain dari keluarga ini adalah singa, macan kumbang dan jaguar.

Fakta tentang harimau

Fakta tentang harimau

kucing predator besar ini dikenal dengan ciri khas bulu oranye dan garis-garis hitam. Warna bulu ini teradaptasi pada seluruh subspesies, meskipun, harimau Sumatera biasanya berwarna lebih gelap, dan kadang-kadang harimau Bengal berwarna putih disebabkan gen resesif. Strip dapat bervariasi dalam warna dan spasi seluruh subspesies juga.

Subspesies harimau terbesar adalah Amur (Siberia) harimau – jantan siberia dapat mencapai berat hingga 660 pound (300 kilogram) dan harimau betina hingga 370 pon (167 kg) – dan terkecil adalah harimau Sumatera, dengan harimau jantan dengan berat hingga 260 pound ( 120 kg) dan betina dengan berat hingga 200 pound (90 kg).

Harimau adalah hewan karnivora yang cenderung makan daging segar hasil buruannya (babi hutan, rusa dan ternak). Seekor harimau bisa makan sebanyak 40 pon (18 kg) daging dalam satu perburuan, menurut organisasi pelindung harimau, sekali makan harimau biasanya akan bertahan selama beberapa hari.

Tidak seperti singa, yang hidup secara berkelompok, harimau adalah hewan soliter yang menetapkan wilayah mereka sendiri yang memberi mereka banyak persediaan mangsa dan air.

Serangan harimau pada manusia sangat jarang terjadi, serangan harimau terhadap manusia umumnya terjadi dimana manusia dan harimau hidup berdekatan.

Dimana harimau hidup

Harimau-harimau yang hidup di alam dapat ditemukan dalam wilayah terisolasi di 13 negara Asia, dari barat seperti India, selatan sebagai Indonesia, sebelah utara Siberia. hingga wilayah Mesopotamia dan Kaukasus.

Harimau beradaptasi dengan berbagai habitat, dari rawa bakau ke hutan lebat ke Taiga Siberia terbuka.

Status konservasi harimau: Terancam Punah untuk Sangat Terancam Punah

Selama abad terakhir, jumlah harimau telah turun sekitar 95 persen dan harimau kini bertahan di 40 persen lebih sedikit dari wilayah yang mereka tempati hanya satu dekade lalu, menurut World Wildlife Fund (WWF). Hanya sekitar 3.200 ekor harimau diperkirakan tetap berada di alam liar.

Harimau menghadapi ancaman mulai dari hilangnya habitat dan fragmentasi, kurangnya mangsa dan perburuan liar.

Negara sebaran harimau, termasuk India, Indonesia, Myanmar (Burma sebelumnya), dan China Jilin provinsi dan Rusia provinsi Primorsky semua memiliki rencana konservasi atau perjanjian untuk mencoba dan membendung kemusnahan harimau. Harimau dibesarkan di kebun binatang di seluruh dunia untuk menjaga populasi genetis mereka.

Fakta Kuno Harimau

Harimau Sumatera bukan Harimau Malaysia

Harimau Sumatera bukan Harimau Malaysia

Harimau Malaysia dan Indo-Cina harimau dianggap spesies yang sama sampai tahun 2004, ketika analisis genetik menunjukkan fakta bahwa mereka berada pada spesies terpisah.

Menurut WWF, harimau China Selatan diperkirakan punah secara fungsional. Saat ini 47 harimau Cina Selatan hidup di 18 kebun binatang, semua di Cina.

Harimau Sumatera hanya ditemukan di pulau Sumatera Indonesia.

2010 adalah Tahun Macan Cina. Tahun berikutnya Tiger akan 2022.

Sementara nenek moyang harimau berasal dari Afrika, harimau tidak ditemukan di benua saat ini.

Fakta Unik Tentang Harimau
Written by: Admin Abanoz
Rating: 4.8

Most visitors also read :