Disparbud Jabar Usulkan Bandung Sebagai Kota Kreatif

By | February 6, 2013

Bandung - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat mengusulkan Bandung sebagai kota kreatif ke United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) tahun ini.

“Bandung dinilai memiliki aspek visioner di bidang pariwisata dan kuliner,” kata Puspo Wiryo Buwono, Kepala Disparbud Jawa Barat, Rabu, 6 Februari 2013.

Menurut dia, usulan itu dilakukan seiring dengan meningkatnya kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Jawa Barat selama tiga tahun terakhir ini. Jumlah wisman tercatat dari 227.068 menjadi 678.829. Sedangkan wisatawan nusantara (wisnus) dari 23.859.547 menjadi 25.066.687.

Dari segi akomodasi, wisman tercatat dari 217.838 menjadi 498.163 jiwa. Sedangkan dari wisnus dari 5.774.581 menjadi 8.976.683 jiwa. “Data tersebut bedasarkan hasil koordinasi dengan pihak pengelola wisata di setiap daerah,” kata Fajar Angga, pengelola data pariwisata di Jawa Barat.

Kunjungan wisman berdasarkan kebangsaan sebagian besar datang dari negara ASEAN. Jalur logistik yang disediakan maskapai penerbangan di Bandung juga memiliki akses langsung. Bandara Husein misalnya, memiliki jalur Indonesia-Malaysia, Indonesia-Singapura, bahkan Indonesia-kawasan Eropa.

Di darat, aksebilitas jalan Cipularang menjadi fasilitas yang mumpuni untuk wisatawan berpariwisata di Jawa Barat. Setiap tahun, Jawa Barat menyumbang 10 persen untuk peningkatan pariwisata Indonesia. Mencakup pariwisata alam, budaya, minat khusus, dan buatan.

Disparbud berperan meningkatkan pariwisata di Jawa Barat dengan memberikan anggaran secara langsung. Misalnya pada 2009, dinas mengalokasikan dana Rp 11 miliar untuk membangun kembali obyek wisata Pangandaran pascatsunami. “Tidak semua obyek wisata mendapat anggaran. Kami juga memprioritaskan segi potensi, unggulan, karakteristik, dan jumlah pengunjung,” kata Puspo.

Saat ini Jawa Barat memiliki 351 obyek wisata yang layak dikunjungi. “Sayangnya, wisatawan banyak mendatangi tempat wisata yang sama,” ucap Puspo.

Disparbud Jabar Usulkan Bandung Sebagai Kota Kreatif

Disparbud Jabar Usulkan Bandung Sebagai Kota Kreatif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *